Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Intisari dari Rencana Bisnis

Apakah Anda membutuhkan investor? Mencari pinjaman? Apakah Anda ingin mengajukan hibah? Atau apakah sudah waktunya untuk melakukan analisis diri terhadap bisnis Anda? Apakah Anda sedang mengembangkan bisnis Anda? Mencari pasar baru? Mencari level selanjutnya dalam bisnis Anda? Kapan Anda membutuhkan rencana bisnis? Apa inti dari rencana bisnis?


Semua rencana bisnis memiliki bagian yang kurang lebih sama, beberapa bahkan memiliki konten yang sama.
Namun, ketika mereka tiba di meja investor atau pemberi pinjaman beberapa tetap di tempat mereka dan yang lain lolos ke tumpukan "Saya akan membacanya nanti" atau lebih buruk lagi tempat sampah! Jadi, bagaimana Anda membuat rencana bisnis Anda mudah dibaca dan diingat untuk semua alasan terbaik.

Mari kita lihat apa yang sebenarnya merupakan inti dari rencana bisnis. Rencana bisnis adalah metodologi yang mendefinisikan dan mengintegrasikan aktivitas yang diperlukan untuk ide bisnis untuk menjadi perusahaan dan memberikan harapan yang membuktikan itu akan menguntungkan. Dengan kata lain, ini adalah pengait untuk mendapatkan investor dan memberi tahu mereka bahwa ide Anda inovatif dan akan sangat menguntungkan. Perhatikan dua kata penting itu: inovatif dan menguntungkan. Tidak ada investor yang tertarik pada perusahaan yang tidak akan cukup menguntungkan untuk mengembalikan investasinya plus keuntungan yang sangat sehat. Sekarang apa yang bisa menjadi kata yang menarik - inovatif. Agar sebuah perusahaan sukses, ia harus memiliki sesuatu yang berbeda dari semua perusahaan lain yang bekerja di pasar yang sama. Lagi pula, jika perusahaan Anda akan sama dengan yang lainnya, mereka hampir tidak akan pindah dan membiarkan Anda mengambil pelanggan mereka. Tidak, perusahaan Anda perlu memiliki sesuatu yang berbeda yang akan menarik pelanggan ini dari apa yang mereka beli sepanjang waktu. Sangat inovatif dalam beberapa hal, baik itu produk, model bisnis, atau layanan.

Mari tambahkan kata lain yang perlu Anda buktikan dalam rencana bisnis Anda - layak. Investor atau pemberi pinjaman Anda ingin melihat bahwa perusahaan Anda akan bertahan. Jika Anda melakukan penelusuran Google tentang "Gelembung Internet" pada sekitar tahun 1995, Anda akan melihat bahwa ribuan investor berinvestasi dan meminjamkan kepada perusahaan internet baru yang menjanjikan akan menghasilkan jutaan dolar dengan keuntungan mudah. Kenangan panjang dan sekarang investor melihat untuk melihat bahwa perusahaan baru akan bertahan di masa depan yang dapat dilihat sehingga mereka terus menerima aliran pendapatan dan memiliki peluang bagus untuk mendapatkan pinjaman atau investasi mereka kembali.

Rencana bisnis Anda harus menjadi alat komunikasi yang menjual ide orisinal yang berfungsi untuk menarik dan meyakinkan orang bahwa Anda memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan rencana dengan mendirikan dan mengelola perusahaan.

Pada awalnya kami menyoroti alasan lain untuk perencanaan bisnis. Selain penggalangan dana, rencana bisnis Anda juga merupakan alat terbaik untuk menilai kelangsungan bisnis Anda.

Jadi itu adalah NUTS dari rencana bisnis, mari kita lihat BOLTS yang menyatukannya:

Profesional: Secara internal harus terstruktur dengan baik dengan indeks, nomor halaman, judul dan paragraf berpoin yang menjelaskan masalah kompleks. Banyak gambar memecah kebosanan karena terlalu banyak kata. Secara eksternal, itu harus dijilid dengan ahli dan memiliki halaman sampul yang penuh warna dan menarik. Masuk akal bahwa detail lengkap perusahaan dan informasi kontak juga harus ada di sampul depan.

Menggoda. Ditulis sedemikian rupa sehingga mendorong pembaca untuk menilai kemungkinan memasuki bisnis. Jaga gaya penulisannya, singkat tetapi tidak singkat dan tentu saja tidak terlalu bertele-tele sehingga menimbulkan rasa lelah. Tetap pada intinya, zwoding informasi asing yang tidak mendukung perencanaan bisnis atau model bisnis Anda. Hindari jargon dan jika Anda harus menggunakan inisial pastikan bahwa contoh pertama dieja sepenuhnya dengan inisial dalam tanda kurung setelahnya.

Dinamis. Anda harus kreatif, tetapi dengan menahan diri. Paling baik jika Anda menceritakan sebuah cerita tetapi tidak satu pun yang ditemukan di bagian fiksi perpustakaan. Jika bisnis yang Anda usulkan tidak mengundang perkembangan besar, simpanlah. Bisa jadi kontraproduktif untuk mengalihkan perhatian pembaca. Kreativitas penting selama Anda menonjolkan sesuatu tentang bisnis dan ada untuk menarik perhatian pembaca. Kreativitas hanya boleh digunakan untuk menggambarkan bagaimana bisnis akan beroperasi di masa depan.

Tepat. Kejelasan adalah hal mendasar, tetapi begitu juga akurasi dan kejujuran tentang keadaan perusahaan Anda saat ini dan tujuan masa depannya. Sedikit lisensi ditawarkan oleh pembaca tetapi mereka mengharapkan Anda untuk jujur ​​tentang angka, nomor pelanggan, dan status produksi barang Anda.

Dipesan. Pandu pembaca Anda melalui rencana bisnis Anda dan letakkan dokumentasi pendukung di dalam lampiran laporan. Meskipun informasi kunci harus ada di bagian utama laporan, di lampiran Anda dapat memasukkan data sekunder, hasil studi pasar, resume profesional dan surat apa pun dari rekomendasi atau laporan yang menguntungkan.

BOLT besar terakhir yang akan menyatukan rencana bisnis Anda adalah CARE. Rencana bisnis Anda bukan hanya sesuatu yang harus Anda lakukan dengan terburu-buru untuk mendapatkan pendanaan. Ini adalah deskripsi tentang seperti apa bisnis Anda sekarang dan seperti apa yang Anda inginkan di masa depan. Kebanyakan rencana bisnis dimulai dari sekitar 20 halaman untuk bisnis kecil yang ditetapkan di dunia hingga maksimum 50 halaman untuk bisnis yang mencari pendanaan besar. Berapa pun ukuran rencana bisnis Anda, dan mohon berlatih menulis ide-ide kompleks secara ringkas, itu harus ditulis dengan hati-hati - bagaimanapun juga, rencana bisnis yang baik adalah peta jalan menuju kesuksesan perusahaan!

Posting Komentar untuk "Intisari dari Rencana Bisnis"